oleh

Tempat Penampungan Akhir (TPA) Antang Terbakar

Gadingnews.Makassar – TPA Antang tepatnya di Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terbakar sejak Minggu, 15 September 2019, dan hingga kini terus meluas.

Peristiwa kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 13.30 WITA. Terlihat sudah 10 unit armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk ‘menjinakkan’ api.

Sudah empat blok yang terbakar, api yang terus membesar dan meluas membuat petugas sempat kewalahan. Tim pun ditambah dan sekitar 5 unit pemadam kebakaran tambahan diturunkan untuk memadamkan api.

Belum diketahui penyebab utama kebakaran di tempat pembuangan sampah itu. Musim kemarau dengan kondisi sampah yang mengering menjadi salah satu faktor yang menyulitkan proses pemadaman api.

p

Kebakaran yang melanda TPA Antang menyebabkan munculnya asap tebal. Informasi menyebut kebakaran bukan kali pertama. Disebutkan pula kebakaran kerap terjadi di musim kemarau namun peristiwa kali ini disebut yang paling besar dari kebakaran yang pernah terjadi di TPA yang terletak di Kecamatan Manggala tersebut.

Hendaknya kebakaran harus cepat ditindaki karena berdampak pada kesehatan masyarakat sekitarnya. Asapnya beracun karena mengandung Gas yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan kita, terutama jika terpapar melalui udara. Gas H2S dengan cepat diserap oleh paru-paru, pada konsentrasi rendah dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, pada konsentrasi tinggi dapat menyebabkan hilangnya kesadaran bahkan kematian. (*)

Dapatkan kiriman terbaru melalu email:

Terbaru