oleh

PSM Makassar Juara Piala Indonesia 2018/2019 setelah 19 tahun Puasa Gelar

-Berita-116 views

Gadingnews, Makassar – Final Leg ke 2 Piala Indonesia yang dihelat, Selasa (06/08/2019), di Stadion Andi Mattalata Mattoangin, setelah sebelumnya batal digelar, Minggu (28/07/2019), dikarenakan alasan keamanan dan kenyamanan. PSM Makassar bertindak selaku tuan rumah di Leg 2, dimana pada Leg 1 yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dimenangkan oleh Persija Jakarta dengan skor 1-0.

PSM Makassar yang turun tanpa gelandang Marc Klok dikarenakan akumulasi kartu, beruntung karena playmaker andalan mereka Wiljan Pluim bisa diturunkan dan pada pertandingan ini ditunjuk sebagai kapten kesebelasan.

Memulai babak pertama PSM Makassar yang tampil langsung menekan, unggul cepat pada menit ke 3 memanfaatkan sepak pojok Wiljan Pluim, tandukkan Aaron Evans berhasil merobek gawang persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa, PSM unggul 1-0.

 

PSM Makassar semakin diatas angin setelah persija harus bermain dengan sepuluh pemain, pada menit ke 32 Sandi Sute menerima kartu kuning kedua seusai melanggar Pluim. PSM Makassar terus mengurung pertahanan persija, dipenghujung babak pertama Ferdinand Sinaga melancarkan tendangan keras namun hanya membentur tiang gawang persija.

Keunggulan PSM bertambah pada menit ke 47 adalah Zulham Zamrun berhasil menyundul bola umpan dari Aaron Evans yang berhasil menembus gawang Andritany.

Persija sulit mengembangkan permainan dengan hanya bermain dengan sepuluh pemain, peluang hanya didapatkan Marko Simic namun sundulannya masih dapat dibuang oleh kiper Rizky Mokodompit. Ferdinand kembali mendapatkan peluang pada menit ke 87 yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Andritany namun tendangannya masih melebar.

Hingga wasit meniup peluit panjang skor tidak berubah, PSM Makassar menang 2-0 dan aggregat berubah menjadi 2-1 untuk PSM Makassar.

Hasil ini membuat PSM Makassar menjadi Juara Piala Indonesia 2018/2019, penantian panjang PSM Makassar yang puasa gelar selama 19 tahun.

Persija harus puas sebagai Runnerup, untuk pemain muda terbaik berhasil direbut oleh Asnawi Mangkualam, pemain terbaik di raih oleh Zulham Zamrun dan untuk top skor dimenangkan oleh 2 pemain yakni Amido Balde dari Persebaya Surabaya dan Zulham Zamrun PSM Makassar, dengan torehan 10 gol dalam ajang ini.

Euforia kemenangan PSM Makassar sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Makassar, semua merasakan suasana haru dan bahagia atas keberhasilan PSM Makassar menjuarai Piala Indonesia ini. Penantian yang cukup panjang yang selama 19 tahun tidak rasakan oleh segenap insan pencinta bola di kota Makassar. Sebelum pertandingan banyak terlihat tulisan-tulisan kota ini mau Juara! dan PSM Makassar berhasil mewujudkan impian masyarakat kota Makassar, kota ini benar-benar menjadi Juara. Selamat buat PSM Makassar, EWAKO! (*/JM)

Dapatkan kiriman terbaru melalu email:

Terbaru