Polbangtan Gowa Adakan Pelatihan Motivasi Bisnis, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros Utus 20 Peserta

Peserta dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Maros di Pelatihan Motivasi Bisnis dan Jejaring Usaha yang diadakan Polbangtan Gowa. (Foto: Gadingnews.Info)
Peserta dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Maros di Pelatihan Motivasi Bisnis dan Jejaring Usaha yang diadakan Polbangtan Gowa. (Foto: Gadingnews.Info)

Gadingnews.Info, Maros – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Sulawesi Selatan dalam Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS), melaksanakan Pelatihan Motivasi Bisnis dan Jejaring Usaha bagi Business Development Services Provider (BDSP).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada 16 – 17 April 2022 bertempat di Hotel Arthama Makassar dan diikuti 54 peserta yang berasal dari 4 kabupaten wilayah program YESS diantaranya Bulukumba, Bantaeng, Maros, dan Bone.

Bacaan Lainnya

Dipelatihan tersebut yang menjadi narasumber adalah Master of Training Program YESS diantaranya Suardi Bakri, Mufidah Muis, Ramli, Riski dan Rahmat Indra Sakti.

Baca Juga : MUI Kabupaten Maros Akan Adakan Safari Ramadhan di Semua Kecamatan, Berikut Jadwalnya

Adapun tujuan dari pelatihan ini yaitu menyiapkan instruktur pelatihan dasar usaha pertanian bagi pengusaha pemula dan merintis jejaring usaha.

“Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros mengutus 20 orang peserta yang terdiri dari staf BDSP di BPP kecamatan dan P4S,” ujar Kadis Pertanian Maros, H. Abd. Asis Ahmad kepada Gadingnews, Minggu (17/4/2022).

Ia mengharapkan dengan selesainya pelatihan tersebut para staf BDSP memiliki kapasitas untuk memfasilitasi pelatihan dasar dalam bidang usaha pertanian dan mampu menjalin jejaring usaha dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para calon pengusaha pemuda tani di pedesaan.

Sementara Koordinator Swakelola Program YESS Maros, Syamsul Bahrimenjelaskan bahwa  BDSP sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan program YESS di Kecamatan hingga pelosok Desa.

” Mereka para alumni pelatihan akan diberi ruang dan waktu untuk mempraktekkan hasil pelatihan yang diperoleh kepada CPM Petani muda dan akan ditingkatkan kapasitasnya oleh program YESS. Sebagaimana regenerasi petani yang dicanangkan kementerian pertanian yang maju, mandiri dan modern,” imbuh Syamsul. (Naufal/Aly)

Pos terkait

Comment