oleh

Forum Mahasiswa Toraja (FORMAT) Minta Pemda Perhatikan Masyarakatnya di Perantauan

Gadingnews.  Negara tengah berjuang menghadapi Covid 19. Pemerintah telah menyatakan wabah virus covid 19 sebagai bencana nasional, maka harus ada upaya gotong royong sinergi sumber daya dan strategi dari semua komponen bangsa menghadapi rasa cemas di tengah masyrakat Indonesia, apa lagi dari hari ke hari kasus positif covid 19 terus meningkat secara signifikan.
Beberapa daerah yang menjadi episentrum penyebaran covid 19 memberlakukan PSBB ( pembatasan social bersekala besar ), sebagai upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19. Serta menekan angka kematian akibat covid 19.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara telah menganggarkan penaganan covid 19 sampai ratusan miliar, sebagai upaya pencegahan dan penaganan covid 19. Anggaran sebesar itu tentunya harus mendapat pengawalan masyarakat.
“kami dari Forum Mahasiswa Toraja ( Format ) Makassar meminta kepada pemerintah untuk transparan dalam pengelolaan dana APBD, kita tentunya tidak menginginkan bencana covid 19 dimanfaatkan / dikorupsi oleh pihak tertentu. Oleh karenanya pemerintah harus terbuka dalam pengunaan dana covid 19”. Ungkap ketua Format heriadi.
Di beberapa daerah di Indonesia kami melihat pemerintahnya pro aktif dalam penanganan covid 19. Misalnya melakukan pendataan masyarakat yang terkena dampak covid 19. Yang dimaksud terkena dampak itu bukan hanya terinfeksi, tetapi karena covid 19 mereka kehilangan pekerjaan ,penghasilan dan bahkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Sungguh situasi yang memang semestinya menjadi perhatian pemerintah terhadap masyarakatnya. Tetapi itu berbanding terbalik dengan sikap pemerintah Kabupaten Tana Toraja Dan Toraja Utara yang sampai hari ini terkesan menutup mata dan tidak peduli dengan masyarakat Toraja yang ada diluar Toraja yang terkena dampak covid 19. Seperti misanya masyarakat toraja yang ada di Makassar sebagai episentrum penyebaran covid 19.
“kami menyampaikan kepada pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraj Utara untuk tersentuh sisi kemanusiaan dengan memberikan perhatian kepada masyrakatnya yang ada di luar toraja. Ungkap heriadi.
“Dan kami juga mengecam pihak – pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk komoditas ekonomi dan kami menegaskan akan mengawal penggunaan uang negara dalam penanganan covid 19 agar tidak di korupsi dan benar tersalurkan kepada yang mebutuhkan ”. lanjut heriadi.

Dapatkan kiriman terbaru melalu email:

Terbaru