oleh

Berprofesi Sebagai Tukang Ojek Rampas HP Korban

-Berita-141 views

 

Gadingnews.Makassar – Profesi tukang ojek motor kerap dijadikan sebagai modus alat untuk melakukan aksi tindak pidana kejahatan bagi oknum-oknum yang tak bertanggungjawab.

Salah satunya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan profesi ojek kerap dijadikan bahan untuk kejahatan khususnya tindak pidana kekerasan (curas) dalam hal ini jambret.

Dimana profesi ojek digunakan sebagai alat untuk mengintai korban yang sedang berdiri dipinggir jalan dengan memegang barang berharga yang dapat bernilai jual.

Seperti hal yang dilakukan oleh pelaku Sandi (25), warga jalan Dirgantara Kota Makassar, memanfaatkan profesi tukang ojek untuk meraup uang dengan cara yang haram.

Dari hasil pengakuan pelaku Sandi saat diamankan oleh aparat kepolisian, dirinya mengaku bahwa awalnya dirinya berpura-pura sebagai tukang ojek disalah satu tempat terminal kedatangan Bus antar daerah di Makassar.

“Dari hasil pengakuan dia (Pelaku sandi) bahwa dia mengintai korbannya dengan cara perpura-pura sebagai tukang ojek, yang sedang menunggu penumpang yang turun dari atas mobil bus antar daerah disalah satu terminal di Kota Makassar,” ucap, Panit 2 Resmob Polsek Panakukang, Iptu Roberth Hariyanto Siga, Kamis (27/6/2019).

Lanjut, saat dirinya melihat penumpang yang turun dari atas mobil bus tersebut dengan memegang barang jenis handphone pelaku pun menghampir dengan berpura-pura menawarkan jasa ojek.

“Saat diliat seorang penumpang, dia ini lalu berpura-pura menawarkan jasa ojek dan mendekati korbannya. Saat sudah dekat, dia pun langsung menarik handphone korban lalu tancap gas pergi tinggalkan korbannya,” tuturnya.

Namun, pelarian pelaku tak begitu lama lantaran tim gabungan kepolisian dari Tim Khusus Polda Sulsel bersama tim Resmob Polsek Panakukang menangkapnya saat sedang berada dilokasi persembunyian.

“Penangkapan pelaku atas dasar dari laporan masyarakat yang telah dijambret oleh pelaku dan dilakukan penyelidikan hingga akhirnya identitas pelaku berhasil diungkap, pelaku kita amankan saat berada dirumahnya bersembunyi,” tambah Roberth Hariyanto Siga.

Setelah diamankan, pelaku pun dibawa menuju posko Resmob Polsek Panakukang guna menjalani proses penyelidikan lebih lanjut.(*)

Dapatkan kiriman terbaru melalu email:

Terbaru