oleh

Amankan Ribuan Puntung Rokok di Benteng Fort Rotterdam Berbuah Manis untuk Aira

-Berita, Politik-131 views

 

Gadingnews.info, Makassar–Hajatan Makassar International Writers Festival (MIWF) Ke-9 tahun 2019 di Benteng Fort Rotterdam, baru saja berlalu.

Tahun ini MIWF yang mengusung konsep Zero Waste Festival, sebagai bentuk kampanye melarang penggunaan plastik sekali pakai.

Tidak hanya dinilai sukses oleh semua kalangan. Karena limbah yang dihasilkan selama kegiatan. Dan dihadiri ribuan pengunjung selama tiga hari, limbahnya baik organik dan anaorganik tidak berujung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang.

 

“Kita yang melakukan festival ini tidak ikut membuang, dan menghasilkan yang namanya sampah. Karena limbah organik yang dikumpulkan diolah jadi kompos. Sedangkan untuk limbah plastik diolah jadi Ecobrick atau batu bata ramah lingkungan,” ungkap Lily Yulianti Farid, Direktur MIWF baru-baru ini.

Menariknya, usai pelaksanaan MIWF di Benteng Fort Rotterdam Sabtu 29 Juni 2019. Andi Nisfatul Aira yang juga Ambasador Zero Waste MIWF akan dianugerahi penghargaan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Melalui Hasanuddin Center for Tobacco Control and Non Communicable Disease Prevention (Hasanuddin Contact) atau lembaga yang konsen mendorong dan membantu pemerintah kota Makassar mengefektifkan implementasi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) memberikan award pada Aira yang berhasil mengamankan 4.264 puntung rokok, lalu dibuat Cigbrick selama berlangsungnya MIWF.

Pastinya, Aira begitu ia disapa merasa senang dan bangga. Mendengar dirinya akan diberikan penghargaan di Aula Prof Amiruddin Fakultas Kedokteran Unhas, Sabtu 13 Juli 2019.

“Saya sangat senang akan undangan pihak FKM Unhas yang akan memberikan penghargaan pada Aira. Dan kami akan hadir sekeluarga untuk memberikan semangat pada Aira,” kata Indrawati Abdi, orang tua Aira di Auditorium Prof Amiruddin Unhas, Sabtu 13 Juli 2019.

Indrawati yang juga pegiat lingkungan hidup di kota Makassar mengaku plastik dan sampah yang terbuang begitu saja. Tidak hanya merusak kelestarian lingkungan, namun dapat juga mengganggu kesehatan masyarakat. (*)

Dapatkan kiriman terbaru melalu email:

Terbaru