Agar Tampak Mewah, Pemprov Sulsel Akan Pakai APBD Rp 3,3 Miliar untuk Renovasi Rujab Gubernur

Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jln. Sungai Tangka No.31, Sawerigading, Ujung Pandang, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar
Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jln. Sungai Tangka No.31, Sawerigading, Ujung Pandang, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar

Gadingnews.Info, Makassar – Agar tampak mewah, Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Selatan di Jalan Sungai Tangka No.31, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar akan direnovasi. Tidak tanggung-tanggung, Pemprov akan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 3,3 Miliar.

“Kan enak tong contoh misalnya gubernurnya ini datang, wah mewah. Bagus ini (Rujab) begini. Mungkin sebaiknya bisa dicontoh seperti ini di sana,” ungkap Kepala Biro Umum Sulsel Eka Prasetya di Kantor Gubernur Sulsel dalam detik, Kamis (24/3/2022).

Bacaan Lainnya

Tender pengerjaan renovasi ini sudah berproses di Biro Pengadaan Barang dan Jasa. Menurut Eka, item pekerjaan di Rujab tidak banyak.

“Termasuk rencana perbaikan kerusakan-kerusakan seperti dinding bocor juga pengerjaan beberapa ruangan dan kamar rujab. Kamar Presiden misalnya dan kamar Menteri (di lantai dua). Siapa tahu nanti ada Menteri wah kenapa begini (kondisinya),” tuturnya.

Baca Juga: Investor Taiwan Ingin Bangun Smelter di Bantaeng, Plt Gubernur: Ini Peluang Kerja Bagi Masyarakat Lokal

Dia juga memastikan renovasi ini tak akan merubah struktur bangunan karena Rujab Gubernur termasuk cagar budaya. Pengerjaan umumnya hanya bersifat interior.

“Ya seperti wallpaper. Termasuk partisi, lampu-lampu. Namun untuk perombakan bangunan tidak ada. Tidak ada bangunan baru,” jelasnya.

Ketua Komisi A DPRD Sulsel Selle KS Dalle yang sebelumnya dikonfirmasi mengungkapkan rencana renovasi Rujab Gubernur memang sudah pernah diajukan di era Gubernur Nurdin Abdullah. Hanya saja saat itu ada kasus operasi tangkap tangan (OTT) KPK sehingga anggarannya ditunda dengan pertimbangan Rujab Gubernur tak ditempati.

“Namun di pembahasan APBD 2022 sudah pasti ada yang tempati sehingga anggarannya dilanjutkan atau disetujui,” tuturnya.

Sebelumnya, Rujab Gubernur Sulsel di Jalan Jenderal Sudirman Kota Makassar akan direhabilitasi dengan anggaran Rp 3,3 miliar. Rujab rencananya akan ditempati Andi Sudirman Sulaiman dan keluarga sebelum Ramadan.

“Untuk keseluruhan anggaran perbaikan Rujab sebesar Rp 3,3 miliar untuk tahun anggaran 2022 ini. Itu sudah masuk LPSE, sudah kita lelang. Silahkan dicek,” ungkap Kepala Biro Umum Setda Sulsel, Eka Prasetya kepada detikSulsel, Senin (21/3).

Sesuai data LPSE Sulsel dalam detik, pekerjaan rehab Rujab Gubernur sudah ditayangkan pada 8 Maret 2022 lalu. Saat ini proses tendernya sudah memasuki tahap evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga.

Eka mengungkapkan beberapa perbaikan akan dilakukan. Seperti pengecatan tembok, perbaikan interior dan perbaikan lantai. Selain itu, akan dilakukan pemeriksaan bangunan Rujab secara menyeluruh. Andi Sudirman direncanakan akan pindah menempati Rujab Gubernur sebelum Ramadan.

“Termasuk atapnya, bila ditemukan ada kebocoran akan diperbaiki. Kita tidak mau bapak (gubernur) masuk ternyata ada kerusakan,” pungkasnya. (Aly)

Pos terkait

Comment